Jumat, 01 Maret 2013

Identitas Bangsa Indonesia "Kami Indonesia" !! (PART I)

Identitas Bangsa Indonesia...



    Berbicara mengenai identitas, pasti kita akan berbicara tentang jati diri, karakteristik, atau bahkkan ciri-ciri. Identitas merupakan jiwa yang tak akan pernah lepas hingga kehancuran itu tiba. Dengan melekatnya identitas, tentunya akan memiliki kekuatan tersendiri dalam menghadapi berbagai persoalan. Bangsa Indonesia, merupakan satu keutuhan yang tak akan pernah terpisahkan hingga waktu yang menentukan.Berbagai macam kultur-kultur yang berasal dari beberapa daerah di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, menjadikan Bangsa Indonesia menjadi kokoh dengan perbedaan-perbedaan yang menjadi Indonesia SATU !.Berikut adalah Identitas Nasional Indonesia yang perlu kita ketahui, pahami, dan sadari..

"Identitas Nasional Indonesia"

1. Bahasa Nasional atau Bahasa Persatuan yaitu Bahasa Indonesia
      Ya ! Bahasa Indonesia. Bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang memudahkan antar manusia saling berinteraksi. Meskipun dari Sabang sampai Merauke memilki ragam bahasa yang berbeda, namun hal itu bukan menjadi alasan bahwa Indonesia itu saling memisah dari Sabang sampai Merauke, melainkan menjadikan Indonesia menjadi lebih solid, saling memberikan toleransi dan berbagi. Indonesia tidak khawatir dengan hal demikian. Karena Bahasa Indonesia lah yang menjadikan alat pemersatu bangsa sehingga seluruh masyarakat di wilayah Indonesia tidak akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi. Tentunya, kita masih ingat dalam sumpah pemuda 28 Oktober 1928, pada butir ke-3 yang berbunyi :
"Kami Poetra dan Poetri Indonesia Mengjoengjoeng Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia"
Oleh karena itu, kita sebagai Bangsa Indonesia perlu untuk Mengetahui, memahami, dan menyadari bahwasannya "Bahasa Indonesia" adalah salah satu Identitas Bangsa Indonesia !!

2. Bendera negara yaitu Sang Merah Putih
      Bendera merah putih sejatinya Rakyat Indonesia sudah mengetahui. Makna filosofis yang dalam terkandung pada warna merah yang melambangkan keberanian, dan warna putih yang melambangkan kesucian. Warna merah pada bendera Negara Indonesia adalah arti dari raga bangsa Indonesia, dan Warna putih yang memiliki artu jiwa bangsa Indonesia. Tentunya, kedua hal tersebut saling melengkapi dan bersama-sama untuk memajukan bangsa Indonesia menuju tujuan kehidupan berbangsa yang tercantum dalam UUD 45. Jadi, tanamkan Merah dalam "raga Kita dan Putih dalam "jiwa" Kita !!

3. Lagu Kebangsaan yaitu Indonesia Raya
        Siapa sih yang tidak tau lagu Indonesia Raya ? Bangsa Indonesia tentunya mengetahui. Lagu yang sering dinyanyikan ketika upacara bendera, dan hal-hal yang bersifat formal (memiliki nilai-nilai nasionalisme). Lagu yang memiliki nilai-nilai nasionalisme, semangat juang nanti tinggi sebagai bukti abdi kepada sang Ibu Pertiwi. Wager Rudolf Supratman, beliaulah yang menciptakan lagu Indonesia Raya. Dengan penuh penghayatan dan pemaknaan terhadap perjuangan bangsa Indonesia untuk mendapatkan kemerdekaan dan kejayaan, beliau menjadi salah satu tokoh yang dapat memberikan identitas terhadap Bangsa Indonesia, yaitu dengan menciptakan lagu Indonesia Raya. Yuk, kita nyanyiin bareng-bareng lagu Indonesia Raya dengan khidmat... Liriknya di bawah ya :) :

INDONESIA RAYA
Cipt : W.R Supratman

Indonesia tanah airku tanah tumpah darahku
Disanalah aku berdiri jadi pandu ibuku
Indonesia kebangsaanku bangsa dan tanah airku
Marilah kita berseru Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku Hiduplah negriku
Bangsaku rakyatku semuanya
Bangunlah jiwanya bangunlah raganya
untuk Indonesia raya

Indonesia raya merdeka merdeka
Tanahku negeriku yang kucinta
Indonesia raya merdeka merdeka 
Hiduplah Indonesia raya

Indonesia raya merdeka merdeka
Tanahku negeriku yang kucinta
Indonesia raya merdeka merdeka 
Hiduplah Indonesia raya 
        Nah, semoga dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya  ini menjadikan rasa Nasionalisme kita menjadi bertambah dan siap untuk berjuang rela berkorban menghadapi persoalan-persoalan bangsa. Marilah kita mulai dari hal yang terkecil seperti membuang sampah pada tempatnya, menghargai orang yang sedang berbicara, memberikan toleransi antar umat beragama, dan tindakan lain yang sedikit demi sedikit akan memupuk Bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berkualitas ! Merdeka !!
                               

4. Lambang Negara yaitu Pancasila
     Hayo, gambar diatas ini apa ya ? ko ada lambang banteng sih ? ada padi dan kapas juga ? terus itu ada rantai ? pohon juga ada ? loh, ko ada bintang juga ? *keterlaluan kalau orang indonesia yang sudah dewasa tidak mengetahui gambar diatas hehe kidding.. sebelum kita telusuri gambar-gambarnya, kita harus tau dulu gambar diatas adalah lambang dari Pancasila. Lambang ini terdapat pada bagian dada dari burung garuda (Simbol Negara Indonesia). Nah, sekarang kita telusuri gambar yang terdapat dalam lambang pancasila diatas. Pancasila memilki 5 butir nilai-nilai yang menjadi dasar ideologi bangsa Indonesia. yuk kita telusuri !
    
PANCASILA

1. KETUHANAN YANG MAHA ESA
2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB
3. PERSATUAN INDONESIA
4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN
5. KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

     Nah dari 5 butir di atas, masing-masing memiliki simbol yang terdapat dalam lambang pancasila. Sila ke-1 terdapat dalam simbol gambar bintang, Sila ke-2 terdapat dalam simbol gambar rantai, Sila ke-3 terdapat dalam simbol gambar pohon beringin, Sila ke-4 terdapat dalam simbol gambar banteng, dan Sila ke-5 terdapat dalam simbol gambar padi dan kapas.

Udah jelas kan apa sih gambar dan maknanya yang terdapat dalam simbol diatas? :)
ayo, tinggal kita pahami, sadari, dan amalkan dalam kegiatan kita sehari-hari..


Bersambung......



0 komentar:

Posting Komentar