RESUME
MATERI
Teknologi informasi memiliki peran penting dalam
perkembangan bimbingan dan konseling di sekolah. Begitu pula dalam konteks
evaluasi dan supervisinya. Dengan adanya teknologi informasi, pelaksanaan
evaluasi dan supervisi akan semakin efektif dengan didukung oleh sarana dan
prasarana yang memadai. Berikut dibawah ini beberapa pengertian evaluasi dan
supervisi menurut beberapa ahli
Kegiatan menilai atau
evaluasi merupakan kegiatan yang tidak bisa kita hiraukan begitu saja dalam
kehidupan sehari-hari. Suharsimi Arikunto (2011) menjelaskan istilah penilaian
tidak asing lagi bagi siapa pun, baik bagi mereka yang bekerja di kalangan
pendidikan maupun bukan. Istilah tersebut seringkali dipertukarkan dengan kata
lain yang lebih populer yaitu evaluasi. Disadari atau tidak, apapun bentuk
kegiatan yang kita lakukan selalu ada penilaian/evaluasi, baik secara langsung
maupun tidak langsung.
Evaluasi dapat dimaknai
sebagai suatu proses mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan
menyajikan informasi yang didapat melalui pengukuran atau tes untuk memberikan
beberapa makna berdasarkan pertimbangan nilai. Menurut Gronlund (1981) dalam A.
Muri Yusuf (1998) menyatakan “evaluation
may be defined as a systematic process of determining the extent to which
instructional objectives are achieved by pupils” artinya evaluasi merupakan
proses sistematik untuk menentukan seseorang menguasai instruksi objektif
sehingga dapat dikatakan dia berhasil.
Supervisi bimbingan dan konseling merupakan suatu relasi
antara supervisor dan konselor (supervisee) dimana supervisor (konselor senior)
memberi dukungan dan bantuan untuk meningkatkan mutu kinerja professional supervisee.
Tertumpu pada satu prinsip yang mengakui setiap manusia itu mempunyai potensi
untuk berkembang.
Supervisi bimbingan dan konseling memiliki arah dan
tujuan yaitu mengontrol kegiatan-kegiatan dari para personil bimbingan yaitu
bagaimana pelaksanaan tugas dan tanggung jawab m,ereka masing-masing, adanya
kemungkinan hambatan-hambatan yang diteumi para personil bimbingan,
memungkinkan dicarinya jalan keluar terhadap hambatan-hambatan yang ditemui,
serta memungkinkan terlaksananya program bimbingan secara lancer kea rah pencapaiantujuan
sebagaimana yang telah ditetapkan
Supervisi bimbingan dan konseling memiliki tujuan untuk
meningkatkan kompetensi professional konselor, meningkatkan kesadaran dan
identitas professional, mendorong perkembangan pribadi dan professional,
mempromosikan kinerja professional, pemberian jaminan mutu terhadap praktek
professional.
Dalam pelaksanaan supervisi, ada beberapa aspek yang
dijadikan objek dalam supervisi yaitu aspek ketenagaan, aspek organisasi, aspek
kegiatan, aspek sarana dan prasarana, dan aspek laporan.
Supervisor sebagai konselor senior yang bertugas untuk
memberikan arahan dan dorongan motivasi kepada konselor agar senantiasa mampu
mengevaluasi diri dan mengembangkan mutu kinerja konselor, terus memantau mutu
kinerja konselor dalam waktu yang ditentukan. Dalam memantau mutu kinerja
konselor, supervisor bukan berarti sebagai “pengintip” atau dapat dikatakan
pengawas yang bermaksud mengintimidasi. Namun, supervisor disini bertugas
sebagai pengawas yang senantiasa memantau mutu kinerja konselor dalam
pelaksanaan tugasnya.
Untuk memantau kinerja konselor, dengan penggunaan
aplikasi tekonologi informasi terhadap evaluasi dan supervisi bimbingan dan
konseling, supervisor sekarang lebih efektif dan efisien dalam menjalankan
tugasnya sebagai seorang supervisor yang senantiasa mengawasi konselor.
Hardware dan software dalam pelaksanaan supervisi ini
pun sangat membantu. Mulai dari perangkat komputer/laptop, webcam yang
bertindak sebagai hardware dan yahoo messenger, camfrog, nimbuzz, e-buddy,
sebagai software. Kedua perangkat tersebut memiliki keterkaitan yang sangat
erat dalam membantu pengaplikasian teknologi informasi dalam evaluasi dan
supervisi bimbingan dan konseling. Demikian dinyatakan karena kedua perangkat
tersebut memang memiliki fungsi dan tugas masing masing.
Dengan adanya pemanfaatan aplikasi teknologi informasi,
pelaksanaan evaluasi dan supervisi dalam bimbingan dan konseling pun sekarang
sudah efektif dan efisien untuk dijalankan. Tinggal bagaimana kita untuk
memanfaatkan aplikasi teknologi informasi tersebut menjadi sebuah alat yang
memudahkan. Oleh karena itu, kita harus senantiasa mengembangkan kemampuan
beserta keterampilan kita dalam penggunaan serta pemanfaatan aplikasi teknologi
informasi agar pelaksanaan evaluasi dan supervisi berjalan dengan lancer,efektif,
dan efisien.
DAFTAR
PUSTAKA
Diniaty, Amirah. 2012. Evaluasi Bimbingan Konseling. Riau:
Zanafa Publishing
Khoiriyah, Nurlailatul.
2012. Supervisi Bimbingan dan Konseling.
[online] tersedia: http://konselingnur.blogspot.com/2012/05/normal-0-false-false-false-en-us-xnone.html
(11 April 2013)
0 komentar:
Posting Komentar