Kamis, 11 April 2013

APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM EVALUASI DAN SUPERVISI BIMBINGAN DAN KONSELING



RESUME MATERI
            Teknologi informasi memiliki peran penting dalam perkembangan bimbingan dan konseling di sekolah. Begitu pula dalam konteks evaluasi dan supervisinya. Dengan adanya teknologi informasi, pelaksanaan evaluasi dan supervisi akan semakin efektif dengan didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Berikut dibawah ini beberapa pengertian evaluasi dan supervisi menurut beberapa ahli
                        Kegiatan menilai atau evaluasi merupakan kegiatan yang tidak bisa kita hiraukan begitu saja dalam kehidupan sehari-hari. Suharsimi Arikunto (2011) menjelaskan istilah penilaian tidak asing lagi bagi siapa pun, baik bagi mereka yang bekerja di kalangan pendidikan maupun bukan. Istilah tersebut seringkali dipertukarkan dengan kata lain yang lebih populer yaitu evaluasi. Disadari atau tidak, apapun bentuk kegiatan yang kita lakukan selalu ada penilaian/evaluasi, baik secara langsung maupun tidak langsung.
                        Evaluasi dapat dimaknai sebagai suatu proses mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan menyajikan informasi yang didapat melalui pengukuran atau tes untuk memberikan beberapa makna berdasarkan pertimbangan nilai. Menurut Gronlund (1981) dalam A. Muri Yusuf (1998) menyatakan “evaluation may be defined as a systematic process of determining the extent to which instructional objectives are achieved by pupils” artinya evaluasi merupakan proses sistematik untuk menentukan seseorang menguasai instruksi objektif sehingga dapat dikatakan dia berhasil.
            Supervisi bimbingan dan konseling merupakan suatu relasi antara supervisor dan konselor (supervisee) dimana supervisor (konselor senior) memberi dukungan dan bantuan untuk meningkatkan mutu kinerja professional supervisee. Tertumpu pada satu prinsip yang mengakui setiap manusia itu mempunyai potensi untuk berkembang.
            Supervisi bimbingan dan konseling memiliki arah dan tujuan yaitu mengontrol kegiatan-kegiatan dari para personil bimbingan yaitu bagaimana pelaksanaan tugas dan tanggung jawab m,ereka masing-masing, adanya kemungkinan hambatan-hambatan yang diteumi para personil bimbingan, memungkinkan dicarinya jalan keluar terhadap hambatan-hambatan yang ditemui, serta memungkinkan terlaksananya program bimbingan secara lancer kea rah pencapaiantujuan sebagaimana yang telah ditetapkan


            Supervisi bimbingan dan konseling memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi professional konselor, meningkatkan kesadaran dan identitas professional, mendorong perkembangan pribadi dan professional, mempromosikan kinerja professional, pemberian jaminan mutu terhadap praktek professional.
            Dalam pelaksanaan supervisi, ada beberapa aspek yang dijadikan objek dalam supervisi yaitu aspek ketenagaan, aspek organisasi, aspek kegiatan, aspek sarana dan prasarana, dan aspek laporan.
            Supervisor sebagai konselor senior yang bertugas untuk memberikan arahan dan dorongan motivasi kepada konselor agar senantiasa mampu mengevaluasi diri dan mengembangkan mutu kinerja konselor, terus memantau mutu kinerja konselor dalam waktu yang ditentukan. Dalam memantau mutu kinerja konselor, supervisor bukan berarti sebagai “pengintip” atau dapat dikatakan pengawas yang bermaksud mengintimidasi. Namun, supervisor disini bertugas sebagai pengawas yang senantiasa memantau mutu kinerja konselor dalam pelaksanaan tugasnya.
            Untuk memantau kinerja konselor, dengan penggunaan aplikasi tekonologi informasi terhadap evaluasi dan supervisi bimbingan dan konseling, supervisor sekarang lebih efektif dan efisien dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang supervisor yang senantiasa mengawasi konselor.
            Hardware dan software dalam pelaksanaan supervisi ini pun sangat membantu. Mulai dari perangkat komputer/laptop, webcam yang bertindak sebagai hardware dan yahoo messenger, camfrog, nimbuzz, e-buddy, sebagai software. Kedua perangkat tersebut memiliki keterkaitan yang sangat erat dalam membantu pengaplikasian teknologi informasi dalam evaluasi dan supervisi bimbingan dan konseling. Demikian dinyatakan karena kedua perangkat tersebut memang memiliki fungsi dan tugas masing masing.
            Dengan adanya pemanfaatan aplikasi teknologi informasi, pelaksanaan evaluasi dan supervisi dalam bimbingan dan konseling pun sekarang sudah efektif dan efisien untuk dijalankan. Tinggal bagaimana kita untuk memanfaatkan aplikasi teknologi informasi tersebut menjadi sebuah alat yang memudahkan. Oleh karena itu, kita harus senantiasa mengembangkan kemampuan beserta keterampilan kita dalam penggunaan serta pemanfaatan aplikasi teknologi informasi agar pelaksanaan evaluasi dan supervisi berjalan dengan lancer,efektif, dan efisien.

DAFTAR PUSTAKA
Diniaty, Amirah. 2012. Evaluasi Bimbingan Konseling. Riau: Zanafa Publishing
Khoiriyah, Nurlailatul. 2012. Supervisi Bimbingan dan Konseling. [online] tersedia: http://konselingnur.blogspot.com/2012/05/normal-0-false-false-false-en-us-xnone.html (11 April 2013)

                       


0 komentar:

Posting Komentar