RESUME
APLIKASI TEKNOLOGI
INFORMASI DALAM PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
Dalam pelayanan bimbingan dan
konseling, penggunaan teknologi informasi merupakan salah satu pemanfaatan yang
membuat pelayanan menjadi efektif dan efisien. Tidak dapat dipungkiri lagi
bahwa di era globalisasi ini penggunaan teknologi informasi sangat membantu
aktivitas manusia. Terlebih dalam dunia pendidikan, khususnya bimbingan dan
konseling yang memanfaatkan penggunaan teknologi dan informasi sebagai sarana
pelayanan bimbingan dan konseling. Seorang konselor pun dapat lebih mudah untuk
memberikan pelayanannya terhadap konseli, “Technology
can be used by the school counselor in many ways. Technology use can increase
counselor productivity, improve record keeping tasks,and assist in data
analysis, scheduling,and other clerical tasks. Technology can also be used
directly in guidance (Casey, 1992; Coy & Minor, 1997; D’Andrea, 1995;
Gerler, 1995; Owen, 1995). Walz and Bleuer (1997) suggest that a significant
component of an educationally and psychologically sound school counseling
program is utilizationof educational technology by both school counselors and
the students they serve” (Michael B Cramer). Konselor memiliki peranan
penting pula dalam tugasnya baik di sekolah khususnya. “School counselors have a whole network of information available to them
in their work with students and parentsi”(Doris Rhea)
Layanan
bimbingan dan konseling merupakan sebuah metode dimana bimbingan dan konseling
itu tersampaikan dalam arti menjadi jelas konteks kerja nya. Dalam layanan
bimbingan dan konseling, tentunya memiliki strategi dan isi nya sebagai suatu
rencana atau konsep dalam unjuk kerja layanan bimbingan dan konseling. Dalam bimbingan
dan konseling, terdapat layanan dasar ( bimbingan klasikal, layanan orientasi,
layanan informas, dll), layanan responsif ( konsultasi, preventif counseling,
home visit, collaboration, dll), perencanaan individual
(pribadi,sosial,belajar,karir) , dan dukungan sistem (kepala sekolah, sistem
sekolah, dan manajemen sekolah).
Menurut
Van Horn & Myrick (2001) ada berbagai
macam aplikasi teknologi informasi dalam layanan bimbingan dan konseling yang
perlu dimanfaatkan sebagai sarana yang mengefektifkan, diantaranya :
1.
Email
“Email can be a counselors best friend it
can be used to :
-
Komunikasi dengan orang tua
-
Komunikasi dengan staff
-
Komunikasi dengan siswa
-
Menghemat waktu ketika berkomunikasi dengan berbagai orang
2.
Websites
Konselor
dapat membantu sekolah dalam pembuatan website sekolah yang
berkonten :
berkonten :
-
Visi dan Misi sekolah
-
Aktivitas bimbingan
-
Profil sekolah
-
Prinsip tujuan
-
Agenda sekolah
Website
dapat membantu mempererat relasi antara sekolah dengan orang tua siswa dan
siswa
3.
Power Point
Dengan
menggunakan media ini, sosialisasi bimbingan dan konseling akan semakin menarik
dengan dimodifikasi dalam bentuk gambar, suara, warna, grafik, atau bahkan
video. Dengan media visual ini, tentunya siswa akan memiliki rasa ketertarikan
terhadap penyampaian.
Selain
dari ketiga aplikasi diatas, ada beberapa aplikasi yang mampu memberikan
pelayanan bimbingan dan konseling secara efektif diantaranya :
1.
Konseling melalui telepon
2.
Konseling melalui video
3.
Konseling melalui chatting
4.
Konseling melalui webcam
Adapun penggunaan Microsoft Excel
sebagai sarana data konselor yang mampu memudahkan konselor dalam pencarian
data. “Microsoft Excel was used to
organize the data collected. A spreadsheet was created for all school
counseling work - settings, including elementary, middle, and high school”(Michael
B Cramer). Dalam excel tersedia spreadsheet sebagai sequential dalam pengolahan
data. Spreadsheet diantaranya berisi :
• lokasi Sekolah
• alumni yang menghadiri
• tingkat kenyamanan penggunaan
teknologi
• penerimaan pelatihan teknologi
• ketersediaan komputer
• internet
access
• frekuensi penggunaan teknologi untuk
tugas-tugas administrasi
• parent
training
• konseling kelompok
• pelatihan guru
• konseling individual
• Bimbingan di kelas
• komunikasi
• tugas-tugas tambahan
• kesadaraan dan penggunaan teknologi
• keinginan untuk menggunakan
teknologi
• dukungan administratif untuk
teknologi
• dana untuk pengadaan teknologi
• kesadaran akan manfaat teknologi
Dalam penelitian studi moore, penggunaan teknologi informasi yang dilakukan oleh
konselor dalam berbagai cara diantaranya :
•95,6%
dari konselor menanggapi menyatakan mereka
menggunakan komputer untuk
pengolah
kata.
•65,6% dari konselor menanggapi penggunaan komputer untuk kelas / pencatatan.
•64,4% menggunakan computers untuk penjadwalan kelas.
•33,3% menggunakan komputer untuk analisis statistik.
•30% menggunakan komputer untuk program pendidikan.
•28,9% menggunakan komputer untuk mengirim / menerima email.
•18,9% menggunakan komputer untuk bimbingan kejuruan interaktif.
•16,7% menggunakan komputer untuk testing.
•13,3% menggunakan komputer untuk riset Internet.
•5,6% menggunakan komputer untuk mengajar
kata.
•65,6% dari konselor menanggapi penggunaan komputer untuk kelas / pencatatan.
•64,4% menggunakan computers untuk penjadwalan kelas.
•33,3% menggunakan komputer untuk analisis statistik.
•30% menggunakan komputer untuk program pendidikan.
•28,9% menggunakan komputer untuk mengirim / menerima email.
•18,9% menggunakan komputer untuk bimbingan kejuruan interaktif.
•16,7% menggunakan komputer untuk testing.
•13,3% menggunakan komputer untuk riset Internet.
•5,6% menggunakan komputer untuk mengajar
Berbagai
kemudahan dalam pelayanan bimbingan dan konseling melalui teknologi informasi merupakan
suatu jawaban dimana kesulitan-kesulitan konselor dalam berkomunikasi dengan
konseli. Tidak ada lagi alasan-alasan yang menyatakan bahwa pelayanan bimbingan
dan konseling harus dilakukan secara tatap muka (langsung), namun dengan
pemanfaatan teknologi informasi ini dapat menghilangkan persepsi bahwa
bimbingan dan konseling harus selalu dilakukan secara tatap muka.
Sumber Rujukan :
Coy, Doris Rhea. 1997. Technology and the school counselor. [online].
Tersedia : http://www.eric.ed.gov/ERICWebPortal/search/detailmini.jsp?_nfpb=true&_&ERICExtSearch_SearchValue_0=ED439347&ERICExtSearch_SearchType_0=no&accno=ED439347
(19 April 2013)
Creamer,
Michael. Technology Utilization in the
Field of Counseling. [online]. Tersedia : http://chiron.valdosta.edu/are/Litreviews/vol1no1/creamer_litr.pdf
(19 April 2013)
Creamer,
Michael. 1997. Technology Utilization in the Field of School Counseling:An
Action Research Study. [online] Tersedia : http :// teach. valdosta. edu/are/ Artmanscrpt/
vol1no1/creamer_am.pdf (19 April
2013)
Kasey Alford, 2010. School Counselor and Technology.
[online]. Tersedia : http : //www. slideshare.net/kasaggie06/school-counselors-and-technology
(19 April 2013)
0 komentar:
Posting Komentar