Rabu, 06 Maret 2013

Remaja vs Pemuda : Antara Hedonisme dan Semangat Juang






REMAJA DAN PEMUDA ? BERBEDA ATAU SAMA ?


Kita hidup sebagai individu yang berkembang memiliki masa-masa yang bertahap dan berkesinambungan. Never ending proccess, sudah menjadi prinsip dari perkembangan individu.Dengan prinsip tersebut, tentu saja Individu mengalami tugas-tugas perkembangan yang bermacam-macam lagi unik dan irama,tempo yang berbeda pula menyesuaikan dengan hierarki perkembangan. 

Baiklah para pembaca yang budiman...
dalam pembahasan kali ini, saya akan mencoba untuk memaparkan suatu perbandingan antara PEMUDA dan REMAJA, sebelum saya menjelaskan lebih dalam pertama-tama saya ingin mengucapkan mohon maaf terlebih dahulu atas segala kesalahan dan kekurangan-kekurangan dalam pembahasan ini.

Yuk kita mulai !!

REMAJA adalah salah satu urutan dalam tahapan-tahapan tugas perkembangan. Pada masa ini, Individu sedang berusaha untuk mencari jati diri, mengikuti kelompok, matangnya organ reproduksi, dan tugas perkembangan lainnya. Menurut Robert. J. Havighurst, tugas-tugas perkembangan yang dilalui oleh Masa Remaja antara lain adalah :
         
          1) Menerima keadaan psikisnya, dan menerima perannya sebagai pria atau wanita
         2) Menjalin hubungan-hubungan baru dengan teman sebaya, baik sesama jenis maupun dengan lawan  
               jenis
          3) Memperoleh kebebasan emosional dari orang tuanya, juga dari orang-orang dewasa lainnya
          4) Memperoleh kepastian dalam hal kebebasan pengaturan ekonomis, sekurangnya untuk diri sendiri

Seteleh melihat tugas-tugas perkembangan yang ditulis diatas, marilah kita kaitkan dengan realita pada zaman sekarang.. di era globalisasi ini, remaja kian marak dengan kemeriahan westernisasi yang menjadi trend budaya bagi kalangan remaja. budaya-budaya asing yang telah masuk menelusup budaya nasional berdampak 












0 komentar:

Posting Komentar